Selasa, 13 November 2012

Permainan Bola Besar, model Permainan Bounce Pass


SKKD Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi : Mempraktikan berbagai variasi gerak dasar ke dalam modifikasi permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar   : Mempraktikan variasi gerak dasar ke dalam modifikasi permainan bola kecil, bola besar, atletik disertai nilai kerjasama, semangat, sportivitas. dan kejujuran.

Tujuan          : Menjalin kerjasama tim, melatih kecepatan, dan koordinasi, serta gerak manipulatif.
Cara bermain:
  1. Membentuk formasi segi enam dan masing-masing anak menempati tiap sudut dari segi enam tersebut dan di tengah-tengah segienam tersebut ada 2 orang. Dari formasi tersebut terdapat 2 regu. Arah bola tiap regu nantinya akan berbentuk  belah ketupat.
  2. Permainan ini memakai dua bola yang berbeda warna. Bola pertama ada di tengah-tengah. Kemudian setelah mendengar aba-aba bola dilemparkan dengan cara bounce pass sesuai arah bola tersebut. Setelah bola kembali ke tengah, bola di lempar ke regu lainnya  yang arahnya lurus atau sejajar dengan posisi yang berada di tengah. Kemudian dikembalikan lagi ke anak yang ada di tengah dan bola tersebut berputar di masing-masing regu lawannya. Setelah bola pertama kembali ke regu masing-masing baru di hitung satu putaran. Regu yang menang adalah regu yang paling cepat melakukan bounce pass selama 5 putaran.
 Gambar :

Keterangan :

     = lemparan pertama
      
     =  lemparan kedua, dst.

 
     = orang (siswa)

 
     = arah bola


Tidak ada komentar:

Posting Komentar